Nikmati Pemandangan di Puncak Bintang Bandung

Puncak Bintang Bandung adalah destinasi wisata alam di Bandung yang relatif termasuk baru. Tempatnya ada di puncak bukit, tidak jauh dari warung daweung atau moko yang telah lebih dahulu di kenal beberapa traveller. Dikarenakan itu juga tempat ini seringkali dimaksud juga puncak bintang moko atau puncak bintang bukit moko.

Destinasi wisata ini di buka dengan resmi pada tanggal 23 September 2014 oleh kepala perhutani Divreg Jawa barat serta Banten. Tempat inipun bersalin rupa dari semula rimba pinus sadapan, jadi rimba serta ruang wisata Puncak Bintang.

Terdapat pada ketinggian 1442 mtr. di atas permukaan laut, daerah ini termasuk dingin serta seringkali juga dilingkupi oleh kabut.

Saat ini, destinasi wisata ini makin bagus lho! Fasilitas parkir lebih teratur, jalan masuk yang semula jalan batu telah bagus, jalan buat berkeliling-keliling lokasi juga telah bagus. Diluar itu ada penambahan view dek baru ; dermaga bintang, bagus lho!

Kebetulan akhir th. ini bertandang sekali lagi ke sini, jadi informasi di artikel ini telah di up-date dengan photo serta informasi paling baru ya..

Di ruang Puncak Bintang Bandung, bebrapa rekanan dapat nikmati ruang rimba pinus yang termasuk bersih serta cukup teratur, nikmati pemandangan Bandung pas dari titik teratas bukit moko, dan camping dengan sarana yang cukup baik.

Diluar itu, kamu juga dapat nikmati keindahan ruang patahan lembang dengan hiking menembus rimba pinus lebih kurang 2 KM, lebih kurang 30 menit jalan kaki.

Rimba pinus disini sesuai di nikmati pada pagi atau sore hari. Lumayan bersih serta teratur juga lho hutannya. Waktu matahari pagi atau sore menembus sela-sela pohon pinus, dampak sinar yang keluar indah banget. “Lantai” tanah sekitar rimba juga tertutup dengan jatuhan daun-daun pinus yang cukup tidak tipis.. hingga berkesan alami banget.

Bila sukai photografi maupun sebatas selfie cantik buat ke sosmed, lokasi ini butuh diburu.
Dikarenakan ketinggiannya, tempat ini sesuai sekali untuk nikmati sunset. Panorama sunset dari tempat ini indah sekali lho..

Sayangnya, kamu tidak dapat nikmati matahari terbit dari sini dikarenakan terhambat oleh bukit. Dampak sunset di sini indah sekali ; silhuet pinggir rimba pinus ditambah dengan lampu kota Bandung yang mulai tampak menaikkan dampak pesona sunset di sini.

Terlebih dulu mungkin saja bebrapa rekanan telah mendengar/berkunjung ke warung daweung atau moko dengan panorama Bandung dari ketinggian. Nah puncak bintang terdapat lebih tinggi sekali lagi serta tidak jauh dari moko, cuma lebih kurang 200 mtr. saja dari sana. Selama ini menurut saya lebih direferensikan bila dibanding dengan moko/daweung.

Bukan sekedar sunset, dikarenakan letaknya yang ada diketinggian, sesuai banget buat nikmati panorama lokasi Bandung. Pandangan kamu dapat terlepas dari ujung ke ujung lho.

Bila bebrapa rekanan menginginkan sekalian ke warung daweung atau moko, mesti membayar Rp 10. 000 bila cuma menginginkan berfoto saja. Kebetulan waktu ke sini kami tidak masuk ke warung daweung, lebih pilih ke warung makan serta kopi baru dipinggirnya.. lebih murah 😀

Di sekitar lokasi puncak bintang juga disiapkan camping ground yang dapat bebrapa rekanan pakai buat sebatas camping dengan rekan/keluarga.

Untuk camping di Puncak Bintang, dibanderol harga sebesar Rp 20. 000/orang. Parkir kendaraan dapat di parkiran warung daweung. Tarif parkir camping Rp 15. 000 untuk motor, mobil kurang tahu. Ngga ada system booking tempat di sini ya, jadi segera dateng – daftar – serta bayar.

Ingin camping th. baru di sini? dapat. Tapi mesti datang dari pagi sebelumnya malam th. baru, agar bisa tempat. Pada th. baru 2016 tempo hari, jumlah pengunjung yang camping lebih kurang 1500 orang. Kebayang kan crowdednya bagaimana? Diprediksikan th. baru 2017 ini akan jadi bertambah.

Selama ini tak ada penyewaan alat camping. Jadi dianjurkan buat bawa alat sendiri ya. Sebenarnya ada sich, tapi hanya sebagian biji serta memiliki bentuk tenda pramuka.

Sarana yang ada waktu paling akhir kami bertandang pada yang lainnya mushalla, toilet, tempat istirahat, trek hiking, dan ruang kemping dengan sarana toilet yang siap dipakai.

Rekan-rekan dapat parkir di ruang parkir bawah maupun di dekat warung daweung/moko. Diluar itu juga saat ini telah terdapat banyak warung lesehan untuk istirahat serta makan, bukan sekedar warung daweung/moko saja.

Jadi catatan, selama ini tak ada warung atau tempat makan didalam ruang. Jadi bila ingin ngemil atau minum di lokasi bawa sendiri ya.

Jalan buat melingkari loaksi juga telah ada serta bagus, diperlengkapi dengan lampu penerangan yang cukup banyak.

Kekurangannya ; tempat sampah kurang banyak. Bagusnya sich tempat sampah ada cukup banyak ya, meskipun simpel tapi ada tempat sampah yg menyebar rata. Mudah-mudahan pengelola dapat melakukan perbaikan hal semacam ini kelak.
Hotel Serta Penginapan

Selama ini di sekitaran Puncak Bintang tidak ada hotel maupun penginapan. Tapi dikarenakan letaknya yang tidaklah terlalu jauh dari pusat kota, kamu dapat bermalam di sana saja.

Dapat pula kamu check sebagian hotel serta penginapan yang ada di sekitar Cicaheum, jalan suci, dango, serta bandung kota. Harga tiket masuk puncak bintang paling baru yaitu Rp 15. 000 (waktu kami bertandang). Ditambah dengan ticket parkir Rp 5000/motor. Untuk camping, kisaran  Rp 20. 000/orang.

Lokasi puncak bintang Bandung cukup gampang untuk diraih. Cuma berjarak lebih kurang 8-9 KM dari Cicaheum ke arah padasuka (Saung angklung udjo) persisnya di Kampung Buntis Bongkor, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung serta masuk ke lokasi Perhutani KPH Bandung Utara.. Untuk menuju lokasi yang paling gampang yaitu dari akses jalan Padasuka-Cicaheum (saung angklung udjo, 8. 5 km/± 30 menit ke arah utara).

Bila dari arah Bandung, bebrapa rekanan tinggal menuju ke arah terminal Cicaheum. di perempatan pas sebelumnya lampu merah Cicaheum silakan belok kiri ke arah Padasuka. Tidaklah perlu takut, ada panduan jalan yang cukup terang ke arah padasuka (saung angklung udjo). Ikuti saja jalan selalu..

Rutenya selalu menanjak serta melalui ruang perkampungan juga kebun punya masyarakat sekitaran. Diluar itu, jalan menuju lokasi juga akan melalui ruang cartil (caringin tilu) dengan warung-warung makan serta view bandungnya yang telah cukup di kenal. Rekan-rekan dapat sekalian berhenti serta nikmati ruang sini. Sempat ke daerah punclut? suasananya serupa dengan punclut tapi dengan view yang tambah lebih indah.

Rute jalan menuju Puncak Bintang melewati daerah Padasuka sampai ke Caringin Tilu (Cartil). Dari Cartil terus menanjak ke Puncak Bintang/Bukit Moko,  jalanan di sini berlubang-lubang serta tidak lebar. Tapi masih tetap dapat dilewati motor atau mobil kecil-sedang.  Saat ini, jalanannya sudah bagus dan mudah untuk dilewati.

Kamu bisa ke sana menggunakan sepeda motor atau mobil pribadi. Kamu pun bisa menyewa mobil dengan jasa rental mobil hap. Rental mobil per jam yang dijamin murah, nyaman, dan aman sampai ke Puncak Bintang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *