Kenali Jenis Semen – Beda Tipe Beda Kegunaannya

Semen merupakan salah satu komponen penting dalam pembangunan  konstruksi bangunan. Secara umum, semen berfungsi sebagai perekat material-material bangunan. Tanpa adanya semen, material-material tersebut tidak dapat menyatu dengan sempurna. Selain sebagai perekat, semen juga memiliki kegunaan lain sesuai dengan jenisnya. Beberapa jenis semen yang ada diantaranya adalah semen biasa dan semen instan. Berbagai merk pun bisa ditemukan seperti jual semen SCG, Tiga Roda, Holcim dll.

Jenis – Jenis Semen

Semen biasa atau seringkali disebut semen portland, merupakan jenis semen yang mempunyai ciri khas berwarna abu-abu dan terbuat dari batu kapur atau gamping. Semen portland sendiri memiliki beberapa tipe, yakni Semen Portland Tipe I,  yang merupakan tipe semen dengan kegunaan konstruksi umum seperti rumah, gedung bertingkat, struktur rel dan lain-lain. Semen Portland Tipe II, semen ini memiliki  kegunaaan untuk konstruksi bangunan dipinggir laut, saluran irigasi dan landasan jembatan.

Kemudian, Semen Portland Tipe III  yang biasa digunakan untuk konstruksi jalan beton dan bangunan bertingkat tinggi. Semen Portland Tipe IV , merupakan jenis semen yang digunakan untuk struktur beton masif seperti dam gravitasi besar, dan yang terakhir Semen Portland Tipe V yang cocok digunakan untuk konstruksi bangunan dengan kandungan sulfat yang tinggi seperti pelabuhan, terowongan air, dan waduk. Untuk harga jual semen SCG jenis portland sendiri tergantung dari tipe tingkatannya.

Selain semen portland, terdapat pula semen instan atau seringkali disebut semen mortar. Berbeda dengan semen portland yang hanya terbuat dari batu kapur, semen mortar terbuat dari campuran beberapa bahan baku. Hal inilah yang membuat semen mortar tidak perlu lagi dicampur dengan material lain saat akan digunakan. Kegunaan dari semen mortar antara lain sebagai perekat bata ringan, pengisi celah antar keramik, pelapis dinding, dan plester acian tembok.

Semen mortar memiliki beberapa keunggulan, diantaranya : mudah dan praktis digunakan. Hanya dengan ditambahkan air dan diaduk dengan rata, semen mortar siap untuk digunakan. Semen mortar juga memiliki daya rekat yang lebih kuat dibanding semen biasa. Selain itu, semen mortar juga memiliki kualitas dan konsistensi yang lebih baik dibanding semen biasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *