Gejala dan Penyebab Penyakit Vertigo

Gejala dan Penyebab Penyakit Vertigo – Vertigo adalah suatu kondisi dimana seseorang akan mengalami sensasi sekeliling terasa berputar dan hal ini terjadi secara tiba-tiba. Serangan vertigo ini bisa terjadi dalam beberapa variasi, mulai dari pusing yang ringan hingga yang parah dan berlangsung dalam jangka waktu yang cukup lama. Serangan yang cukup parah biasanya akan berlangsung hingga beberapa hari dan menyebabkan penderitanya tidak bisa melakukan aktivitas apapun.

Gejala dan Penyebab Penyakit Vertigo

Pada umumnya, penyakit vertigo ini di picu oleh adanya gangguan mekanisme keseimbangan pada telinga bagian dalam. Namun, ada juga penyakit lain yang bisa memicu terjadinya vertigo. Berikut ini adalah dua jenis vertigo sesuai penyebabnya:

1. Vertigo perifer
Vertigo perifer merupakan jenis vertigo yang paling umum. Dimana jenis vertigo ini terjadi akibat gangguan pada mekanisme keseimbangan yang terletak pada telinga bagian dalam. Gangguan yang satu ini meliputi labirinitis, vestibular neuronitis, dan penyakit Meniere.

2. Vertigo sentral
Sedangkan jenis vertigo yang satu ini terjadi akibat adanya gangguan atau masalah pada serebelum (otak kecil). Dimana otak kecil ini terletak di bawah otak besar atau batang otak yang sangat berpotensi menyebabkan vertigo. Bukan hanya itu, vertigo sentral juga bisa terjadi akibat dari migrain, stroke, akibat konsumsi obat-obatan tertentu, serta tumor otak yang bisa menganggu saraf pendengaran (neuroma akustik).

Meskipun gejala yang paling umum di alami oleh penderita vertigo adalah rasa pusing seperti berputar yang datang secara tiba-tiba. Tetapi, masih ada beberapa gejala yang bisa di alami penderita vertigo.

Gejala penyakit vertigo :

  • Merasa sedang berputar
  • Menjadi kehilangan keseimbangan
  • Mengalami kesulitan berdiri dan berjalan
  • Tidak bisa berkonsentrasi
  • Merasa pusing, mual dan ingin muntah

Bagi anda yang sering mengalami vertigo dengan gejala-gejala seperti di atas, sebaiknya segera lakukan konsultasi atau pemeriksaan agar mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat.

Karena jika terus dibiarkan, selain mengganggu aktiivitas dan kenyamanan, vertigo ini bisa menjadi sangat berbahaya. Karena bisa saja vertigo yang di alami di picu oleh penyakit yang mematikan seperti adanya pertumbuhan kanker di selaput otak atau peradangan otak.

Sumber : http://www.qncjellygamat.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *