Cara Agar Usaha Catering Menjadi Sukses

Cara Agar Usaha Catering Menjadi Sukses

Bisnis catering jogja memang sedang berkembang saat ini, banyak yang tidak mengira bahwa bisnis yang simpel dan fleksibel ini akan melejit bahkan menjadi salah satu bisnis yang sangat menguntungkan, selain itu bisnis catering ini dapat dilakukan dari dapur rumah anda sendiri, sehingga anda dapat mengerjakan pekerjaan rumah sekaligus, karena pengerjaan bisnis ini dapat dikatakan santai.

 

Bisnis catering ini dapat dikerjakan oleh siapa pun yang ingin mendapat penghasilan lebih tiap bulannya. Ibu rumah tangga, pegawai kantor, karyawan perusahaan dan orang yang sedang mencari pekejaan namun yang dapat dikerjakan dari rumah.

 

Bisnis catering ini sering digunakan untuk acara hajatan, acara seminar atau acara makan bersama suatu perusahaan. Berikut akan saya berikan tips yang semoga dapat bermanfaat untuk mensukseskan usaha catering anda :

1.Siapkan modal

Modal yang digunakan untuk usaha catering yaitu tergantung dari skala usaha yang akan anda bangun, jika anda akan membuat usaha yang besar karena konsumen yang dituju yaitu seperti acara pesta, maka modal yang harus anda persiapkan cukup banyak untuk membeli peralatan yang harus anda sediakan seperti alat memasak, alat penyajian dan alat makan yang tentu akan memerlukan dana lebih untuk memenuhinya.

2. Lokasi usaha

Lokasi yang anda gunakan untuk memproduksi pesanan catering yaitu yang area dapurnya cukup luas untuk memasak dan memiliki fasilitas yang lengkap seperti air, listrik dan sanitasi. Diusahakan agar dapur anda tetap bersih dan terawat supaya ketika sedang mengerjakan anda tidak merasa jenuh atau jijik.

3. Jenis makanan

Nah, satu hal yang harus kamu tentukan yaitu jenis makanan yang akan kamu sajikan. Jika anda membuat makanan untuk acara pesta tentunya anda harus membuat menu yang sesuai dengan konsep pesta yang akan dibuat tersebut. Lain halnya dengan ketika anda menentukan target pasar untuk kantoran, anda harus membuat menu yang berbeda setiap harinya, agar pelanggan anda yang akan menikmatinya tidak jenuh dengan produk makanan yang anda buat.

4. Strategi pemasaran

Strategi pemasaran tentu hal yang sangat penting untuk menentukan suatu usaha dapat mencapai kesuksesan. Jika anda dapat menentukan strategi pemasaran apa yang akan anda gunakan untuk usaha catering anda tersebut, maka akan berpotensi terhadap usaha anda untuk berkembang. Banyak sarana yang dapat digunakan untuk sarana promosi anda, misalnya dengan menggunakan jasa iklan, media sosial, menawarkan ke teman, atau dapat juga menggunakan website. Atau anda dapat memberikan diskon setiap ada menu baru supaya pelanggan dapat mencoba produk anda.

5. Penentuan harga

Anda dapat menentukan harga bersaing yang digunakan untuk penentuan harga untuk suatu produk anda, sesuaikan dengan biaya produksi agar usaha anda dapat memperoleh keuntungan. Jika anda ingin keuntungan yang lebih, anda dapat membuat paket menu yang sesuai dengan kebutuhan pasar.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *